Tips dan Trik

10 Faktor Kegagalan Wirausaha

faktor kegagalan wirausaha, penyebab kegagalan wirausaha, apa itu wirausaha, kenapa kita gagal membangun wirausaha, penyebab kegagalan bisnis baru, penyebab kegagalan bisnis wirausaha baru, faktor kegagalan wirausaha, penyebab gagalnya wirausaha, penyebab kegagalan wirausaha, kegagalan wirausaha

10 Faktor Kegagalan Wirausaha – Berwirausaha sudah banyak dilakukan mulai dari remaja, dewasa, orang tua, wanita, pria, dan sebagainya. Namun tidak menutup kemungkinan berwirausaha memiliki resiko kegagalan yang cukup besar jika Anda tidak serius dalam menekuninya. Bahkan banyak faktor kegagalan wirausaha yang ada dari dulu hingga sekarang, dan faktornya hampir tidak pernah berubah.

Saat kita memulai suatu usaha atau suatu pekerjaan, kita harus memikirkan resiko dan tidak hanya memikirkan keuntungannya saja. Maka dari itu perlu adanya konsultasi dengan beberapa orang yang memang sudah lama dalam beriwrausaha agar usaha Anda dapat sukses, dan jika bagus dapat berkembang menjadi lebih besar.

Walaupun ada beberapa orang yang hanya main nekat dalam berwirausaha, tapi kemungkinann berhasilnya sangat kecil. Terutama jika orang tersebut tidak mengerti usaha apa yang sedang dijalankannya. Berikut adalah 10 faktor kegagalan wirausaha yang saya rangkum:

  1. Perencanaan
  2. Setiap orang yang ingin memulai sesuatu tidak terkecuali berwirausaha, sudah pasti memerlukan sebuah rencana. Kita memerlukan suatu rencana karena dengan rencana itu kita dapat memikirkan sebab akibat, konsekuensi, dan sebagainya. Setiap kegiatan yang dirancang dengan perencanaan yang matang, dapat membuat kita berhasil.

  3. Tidak Memiliki Koneksi
  4. Yang dimaksud koneksi disini adalah suatu hubungan Anda dengan orang lain yang saling berkaitan. Ini biasanya banyak terjadi terhadap bisnis pemula yang terlalu sibuk berbisnis sehingga tidak ada waktu untuk bergaul dengan orang lain.

    Koneksi sangat kita perlukan dalam membangun sebuah bisnis yang ada. Koneksi merupakan salah satu jalan menuju kesuksesan, yang bermula dari teman atau keluarga.

  5. Market
  6. Anda sudah memiliki usaha yang telah berjalan selama 3 bulan, tapi sangat sedikit pengunjung yang datang ke perusahaan Anda. Mungkin salah satu alasannya market, Anda telah salah memilih market pasar yang Anda targetkan. Pastikan market pasar yang Anda pilih sesuai dengan usaha yang sedang Anda lakukan.

    Bayangkan jika Anda membuka suatu usaha reparasi komputer, tapi Anda menawarkannya atau memasarkannya dengan seorang yang tidak mengerti apa itu komputer. Itu adalah kesalahan yang sangat fatal dan dapat menjerumuskan usaha Anda.

    Yuk Baca : Strategi Promosi Melalui Media Sosial

  7. Team atau SDM
  8. Anda sudah memiliki suatu usaha yang walaupun memiliki beberapa pelanggan, tapi kenapa mereka tidak kelihatan puas terhadap pesanan mereka? Bisa jadi ada team atau karyawan Anda yang tidak bekerja sesuai dengan ketentuan yang Anda berikan.

    Carilah karyawan atau team yang memang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukannya, jika Anda mencari karyawan dengan cara asal-asalan maka akan berakibat fatal dalam wirausaha yang sedang Anda lakukan.

  9. Kurangnya Pengalamanan
  10. Kurangnya pengalaman juga akan berdampak sangat buruk terhadap usaha yang sedang kita tekuni. Pengalaman sangat dibutuhkan dalam membuka suatu usaha, jangan asalkan Anda punya modal Anda dapat membuka setiap usaha yang Anda inginkan.

    Jika Anda memang ingin berwirausaha, ada baiknya Anda bekerja dahulu dengan bidang yang sesuai dengan usaha yang Anda buka nanti. Kenapa? Kita memerlukan pengalaman yang cukup untuk membuat usaha kita menjadi sukses. Anda tidak mau sukses saja kan? Sudah pasti kita menginginkan usaha kita tersebut berkembang dan mempunyai beberapa cabang.

    Maka dari itu, pengalaman sangat dituntun atau sangat diperlukan jika Anda ingin membuka usaha dan mencari karyawan.

  11. Tidak Melakukan Riset dan Analisis Pasar
  12. Analisa pasar sangat penting karena akan menentukan berapa besar penjualan yang Anda ciptakan untuk usaha Anda. Jangan sesekali Anda menjual atau menawarkan produk Anda secara acak, tawarkanlah produk Anda dengan orang yang sesuai menggunakan produk Anda.

  13. Takut Memberikan Promo
  14. Mungkin beberapa wirausahawan yang saya tau ada beberapa yang takut memberikan promo produk mereka kepada pasar. Padahal itu sangat berpengaruh untuk menarik konsumen baru untuk menggunakan produk kita. Mungkin beberapa wirausahawan berpikir tidak ada untungnya membuat promo produk, nyatanya jika Anda membuat promo Anda dapat menarik konsumen-konsumen baru dengan cepat jika disertai dengan promosi yang tepat.

  15. Tidak Kreatif dan Inovatif
  16. Sebuah wirausahawan yang baik adalah seseorang yang kreatif berinovatif. Yang saya maksudkan disini adalah kita harus terus mengikuti zaman, jangan diam ditempat. Jika Anda diam ditempat dan tetap memasarkan produk itu-itu saja, kemungkinan besar konsumen Anda akan kabur. Tanpa adanya inovasi produk kita akan semakin sulit bersaing dengan beberapa orang yang ada.

  17. Kualitas Produk
  18. Kualitas produk harus ada dan jangan sampai rusak, jika bisa tingkatkan terus kualitas produk yang kita pasarkan. Anda harus terus menaikkan kualitas produk Anda, karena itu salah satu alasan nilai jual produk dapat melambung tinggi.

  19. Menyepelekan Kompetitor
  20. Anda menyepelekan pesaing? Menganggap remeh seorang kompetitor sama saja dengan tidak peduli terhadap pesaing Anda. Biasanya yang melakukan ini adalah wirausahawan yang sudah berfikir akan sukses dalam sekejap, tapi tidak semudah itu.

    Banyak kompetitor yang siap menjatuhkan Anda mau dengan cara yang baik ataupun buruk. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan selalu persaingan Anda dengan orang lain.

Kesimpulan

Memang ada banyak lagi faktor kegagalan seperti:

  • Tidak melakukan rencana B
  • Pelayanan pelanggan yang buruk
  • Strategi pemasaran yang salah
  • Tidak mempunyai sikap kepemimpinan
  • Dan sebagainya…

Jika Anda memang berniat membuka suatu usaha, haruslah dengan niat dan skill yang memang sudah ada. Temukanlah karyawan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda tawarkan. Memang gagal dalam berwirausaha dapat membuat Anda frustasi, tapi kegagalan merupakan langkah keberhasilan. Pelajari terus tentang usaha yang Anda bangun.

Mungkin itu saja 10 faktor kegagalan wirausaha, jangan jadikan kegagalan menghalangi impian Anda. Jika Anda ingin menanyakan sesuatu tentang 10 faktor kegagalan wirausaha, Anda dapat mengisi form dibawah ini.

Leave a Reply

avatar