Blog, Wordpress

WordPress vs Blogspot – Perbandingan

perbandingan wordpress dan blogspot, wordpress vs blogspot, bagusan wordpress atau blogspot, wordpress vs blogspot bagusan mana, pilih mana wordpress atau blogspot, kenapa harus wordpress, kenapa harus blogspot, apa itu wordpress, apa itu blogspot, perbedaan wordpress dan blogspot, blogspot vs wordpress seo, apa itu wordpress dan blogspot, mending blogspot apa wordpress, wordpress vs blogspot mana yang terbaik, apa bedanya wordpress dan blogspot, perbandingan wordpress dan blogger, wordpress vs blogger, bagusan wordpress atau blogger, wordpress vs blogger bagusan mana, pilih mana wordpress atau blogger, kenapa harus wordpress, kenapa harus blogger, apa itu wordpress, apa itu blogger, perbedaan wordpress dan blogger, blogger vs wordpress seo, apa itu wordpress dan blogger, mending blogger apa wordpress, wordpress vs blogger mana yang terbaik, apa bedanya wordpress dan blogger

WordPress vs Blogspot – Siapa sih yang tidak kenal platform mereka berdua? Terutama seorang blogger. Yak kali ini saya akan membahas mana yang lebih baik WordPress vs Blogspot.

Dengan WordPress atau Blogspot, siapapun dapat membuat sebuah website hanya dalam beberapa waktu. Tapi ada beberapa tekanan yang mungkin Anda rasakan saat Anda memulai proses pembuatan website.

Loh? Kenapa ada tekanan? Yak untuk seseorang yang pemula sudah pasti banyak tekannya. Di mulai dari tools website, SEO, desain website, artikel, dan sebagainya. Tapi sebelum memulai sebuah proses pembuatan website, sudah pasti Anda memerlukan platform yang cocok untuk Anda.

Sebelum membahas kenapa kita memilih platform tersebut, yuk kita bahas apa sih WordPress dan Blogspot itu?

  • WordPress
  • Jadi apa itu WordPress? WordPress adalah salah satu CMS terbaik di dunia. Lebih dari 30% website yang kita kunjungi setiap harinya terbuat dari CMS WordPress.

    WordPress sendiri terbagi dua yaitu:

    • wordpress.com
    • wordpress.com merupakan bagian dari wordpress itu sendiri, wordpress.com adalah CMS yang dapat digunakan oleh semua orang dan bersifat gratis. Tapi jika Anda ingin menggunakan beberapa plugin, template terbaik wordpress, Anda harus membayar lebih ke pihak wordpress itu sendiri untuk mendapatkan hak akses.

    • wordpress.org
    • wordpress.org lebih banyak digunakan dari pada wordpress.com itu sendiri. Dikarenakan wordpress.org kita dapat membuat template sendiri, mengambil atau mendownload template, menggunakan plugin(yang gratis) dengan bebas.

      Tapi jika Anda ingin mempublikasikannya menjadi website resmi, Anda memerlukan sebuah domain dan hosting yang sudah pasti akan mengenakan biaya kepada Anda.

  • Blogspot
  • Blogspot adalah sebuah platform yang dibuat oleh Google. Blogspot merupakan salah satu CMS yang tidak mengenakan biaya penggunaannya, namun memiliki tools dan fitur-fitur yang mesih kurang jika dibandingkan dengan WordPress itu sendiri.

    Blogspot hampir sama seperti wordpress.com, tapi tetap sangat unggul wordpress.com untuk pendapat saya sendiri. Blogspot biasa digunakan oleh seorang blogger yang ingin menghasilkan uang dengan websitenya.

    Tidak sedikit yang dihasilkan seorang blogger jika Adsense terhadap websitenya diterima, bukannya menarik?

Jadi, mana sih yang lebih bagus? WordPress vs Blogspot ya? Berikut adalah beberapa perbandingan yang sudah saya riset sendiri:

  1. Biaya
    • WordPress
    • Sudah pasti untuk dari segi biaya wordpress akan membuat Anda merogoh kantong yang cukup banyak. Tapi jika Anda ingin menggunakan wordpress.com dan tampilan sederhana, Anda tidak akan terkena biaya sedikitpun.

      Tapi sudah pasti kita ingin sebuah website yang mempunyai tampilan yang profesional dan baik bukan? Maka dari itu gunakanlah wordpress.org untuk membuat website Anda.

      Untuk biaya yang diperlukan Anda memerlukan biaya untuk membeli sebuah hosting, domain, plugin(jika perlu), template(jika perlu). Wah banyak bukan? Untuk biaya bulatnya sudah pasti bermacam-macam karena banyak founder-founder yang menjualnya dengan harga yang berbeda-beda.

    • Blogspot
    • Untuk blogspot sendiri sebenarnya tidak memerlukan biaya sama sekali, Anda dapat mendownload template website di berbagai macam sumber dan banyak variannya. Paling tidak Anda memerlukan sebuah nama domain untuk mempercantik website Anda.

      Loh? Emang kenapa kalau gak beli domain? Sebenarnya untuk percobaan tidak apa-apa untuk tidak membeli domain. Jika Anda tidak membeli domain, maka link atau url website yang Anda dapat akan seperti ini namawebsite.blogspot.com, kurang menarik bukan?

  2. Tampilan
    • WordPress
    • Salah satu keuntungan WordPress adalah kita dapat memilih ratusan template yang cantik dan bagus. Dan juga Anda dapat mendownload template yang ada, dan mengeditnya sendiri(jika bisa).

      Ada beberapa template yang menyediakannya dengan gratis dan berbayar, biasanya jika Anda membeli template berbayar maka Anda mendapatkan fasilitas plugin tambahan dan beberapa fitur yang tidak ada di template lain. Ya, walaupun Anda memerlukan biaya yang tidak sedikit tentunya.

    • Blogspot
    • Blogspot juga sama, blogspot memiliki beberapa template bawaan tapi dengan desain yang sangat sederhana. Namun, jika Anda ingin mengubah templatenya Anda dapat mendownloadnya di berbagai tempat.

      Beberapa template blogspot hampir semua gratis, tapi ada beberapa template juga yang sudah di remake seseorang dan kemudian orang tersebut menjualnya.

  3. Kemudahan Untuk Digunakan
    • WordPress
    • WordPress sangat mudah digunakan karena memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda dalam membangun segala jenis website. Kenapa mudah? WordPress menyediakan hak akses penuh terhadap wesbite yang kita buat, jadi Anda dapat mengubahnya sesuka hati. Dan juga Anda sudah pasti terbiasa jika menggunakannya selama 1-4 hari loh.

      Selain itu WordPress juga memiliki fitur seperti plugin, template, dan sebagainya. Tapi jika Anda menginginkan desain yang bagus mungkin Anda perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk memberli template atau plugin itu sendiri. Walaupun ada yang gratis, tapi yang gratis juga gak kalah bagus kok jika Anda menggunakannya dengan tepat.

    • Blogspot
    • Lain halnya dengan Blogspot, jika Anda menginginkan sebuah fitur tambahan Anda harus mencarinya di google dan biasanya fitur itu berbentuk code-code yang harus dimasukkan kedalam coding template.

      Hal ini merupakan salah satu kesulitan yang cukup parah jika Anda mesih seorang pemula.

  4. Kontrol
    • Worpdress
    • Untuk kontrolnya sudah pasti lebih menguntungan wordpress, karena Anda dapat mengatur hampir semua tampilan mulai dari permalink, page, post, sidebar, footer, header, dan sebagainya.

      Menarik bukan? Maka dari itu wordpress adalah CMS yang paling digemari dunia karena mudah menggunakannya.

    • Blogspot
    • Blogspot sendiri memang memiliki akses kontrol bagus, Anda dapat mengedit template, sidebar, footer, header, page, post, dan sebagainya. Namun ada beberapa kekurangannya seperti tidak dapat semua plugin yang kita perlukan, kita install dalam Blogspot kita.

  5. Keamanan
    • WordPress
    • Untuk keamanannya, WordPress bersifat self-host. Yang artinya kita dapat mengelola langsung dari sumbernya, jadi untuk sistem keamanan Anda dapat membuatnya sendiri atau menggunakan plugin yang ada.

      Maka dari itu untuk keamanan wordpress sendiri Anda harus melakukannya sendiri, untuk mengatasi jika sewaktu-waktu website Anda terdapat virus yang berbahaya.

    • Blogspot
    • Disini adalah salah satu keuntungan yang paling nampak terhadap Blogspot, karena Blogspot dikelola oleh Google. Tapi dengan syarat Anda menggunakan template default(bawaannya).

      Ya tapi untuk pendapat saya pribadi template default sangat kurang cocok dikarenakan terlalu simple. Jika saya disuru memilih, maka saya memilih mencari template lain untuk digunakan di dalam website saya, dari pada menggunakan template default.

  6. Monetasi Iklan
    • WordPress
    • Untuk iklan sendiri, WordPress dapat dengan mudah diterima oleh berbagai macam founder iklan salah satunya Adsense. Untuk saya pribadi, saya memerlukan waktu 3 hari untuk diterima oleh Adsense.

    • Blogspot
    • Sedangkan Blogspot, memerlukan integrasi dengan Adsense agar menampilkan iklan dan menghasilkan uang dari iklan tersebut. Dan saya dengar-dengar cukup sulit juga loh jika Anda tidak tau triknya.

Kesimpulan

Platform apapun yang Anda gunakan jika digunakan sebaik dan seefektif mungkin, dapat membuat website Anda sangat bagus dan baik.

Jika Anda memilih menggunakan wordpress.com atau blogger.com, maka kontrol yang Anda dapatkan cukup terbatas. Berbeda dengan wordpress.org yang memiliki hak akses penuh.

Mungkin itu saja penjelasan dari artikel WordPress vs Blogspot, jadi jangan ragu untuk memilih platform apa yang Anda gunakan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang WordPress vs Blogspot, Anda dapat mengisi form yang tersedia dibawah ini.

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Mohammad Fathur Al HadiAmaterasu Recent comment authors
newest oldest most voted
Amaterasu
Guest

Dari banyaknya CMS yang ada, platform wordpres dan blogsopt memang lebih banyak penggunanya khususnya d indo, terlepas dari kelebihan dan kekurangan dari masih2 CMS keduanya… Terimakasih atas ulasannya gan, bermanfaat sekali bagi ane yg msh newbie jadi tau perbedaan antara platform wordpres vs blogspot…

Mohammad Fathur Al Hadi
Guest

kalok ane lebih milih blog sih gan, mungkin karena dari dulu taunya cuman blogger jadi kagak pernah deh nyoba wordpress